Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Mitologi dalam Film Moana: Representasi Budaya Polinesia dalam Narasi Disney (Analisis Strukturalisme Claude Lévi-Strauss)

Mita Saputri (Universitas Negeri Yogyakarta)
Raudya Setya Wismoko Putri (Universitas Negeri Yogyakarta)
Muflikhul Khaq (Universitas Negeri Yogyakarta)
Lina Ambarwati (Universitas Negeri Yogyakarta)
Berliana Wahyu Ningtyas (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Film Moana merupakan salah satu karya animasi Disney yang mengangkat mitologi dan budaya Polinesia dalam narasi petualangan seorang tokoh perempuan. Studi ini menganalisis bagaimana unsur mitologi dalam film Moana merepresentasikan budaya Polinesia serta bagaimana Disney mengadaptasi elemen-elemen budaya tersebut ke dalam cerita yang lebih universal. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis strukturalisme Claude Lévi-Strauss dan kajian mitologi dalam mengidentifikasi simbol, karakter, dan alur cerita yang berakar pada kepercayaan serta tradisi masyarakat Polinesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa film ini memuat berbagai elemen mitologi Polinesia, seperti dewa Maui, Te Fiti dan Te Kā, Tamatoa, dan lautan sebagai entitas hidup, serta konsep perjalanan heroik yang berkaitan dengan warisan leluhur. Meskipun demikian, terdapat pula proses adaptasi dan modifikasi yang dilakukan Disney untuk menyesuaikan dengan narasi khas Hollywood. Kajian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai representasi budaya dalam film animasi serta dampaknya terhadap pemahaman global tentang mitologi Polinesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...