Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran rotation trio exchange. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan lokasi penelitian di SMPN 4 Awangpone. Subjek penelitian siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa 25orang, teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dokumentasi, dengan menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 14 yang siswa berada dalam kategori tidak tuntas dengan jumlah persentase 56% dan 11 siswa yang dikategorikan tuntas dari keseluruhan siswa dengan jumlah persentase 44%, pada siklus II terdapat 3 siswa yang hasil belajarnya berada dalam kategori tidak tuntas dengan persentase 12%, dan 22 siswa yang berada dalam kategori tuntas dari keseluruhan siswa dengan jumlah persentase 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa setelah dilaksanakan proses belajar mengajar dengan penerapan model pembelajaran rotation trio exchange terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran IPS SMPN 4 Awangpone.
Copyrights © 2025