Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Studi Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Digital dan Manual pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat Siswa Kelas X-E SMAN 1 Batang Kuis

Kairuddin, Kairuddin (Unknown)
Sarah, Siti (Unknown)
Sinurat, Putra Paulus (Unknown)
Simanjuntak, Rosi Ade Putri (Unknown)
Berutu, Jhosua (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas penggunaan media pembelajaran digital dan manual pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di kelas X-E SMAN 1 Batang Kuis. Metode yang digunakan adalah eksperimen siswa/i yang masing-masing menggunakan media pembelajaran digital dan manual. Objek penelitian ini yaitu siswa kelas X-E SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 31 siswa.  Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran manual memberikan dampak positif yang lebih signifikan terhadap minat belajar siswa SMA Negeri 1 Batang Kuis dibandingkan dengan media digital. Penelitian ini menekankan pentingnya mempertimbangkan karakteristik siswa dan kondisi lingkungan siswa dalam memilih metode belajar yang sesuai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...