Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengembangan dan Implementasi Model Pembelajaran IPS Melalui Metode Interaktif untuk Optimalisasi Keterlibatan Siswa Sekolah Dasar

Yanti, Inda Hadi (Unknown)
Soraya, Soraya (Unknown)
Agustina, Utari (Unknown)
Nurfatun, Nurfatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Sekolah Dasar melalui penerapan metode interaktif. Metode interaktif yang digunakan meliputi role-playing, diskusi kelompok, dan penggunaan media digital seperti video edukatif. Metode ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan memperkaya pengalaman belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil meningkatkan antusiasme dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar IPS. Pembelajaran interaktif juga memungkinkan siswa untuk berinteraksi lebih dalam dengan materi serta menghubungkannya dengan situasi sehari-hari, sehingga materi IPS menjadi lebih relevan dan menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...