Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Transformasi Pendidikan Tinggi Melalui Kurikulum Merdeka:: Peluang dan Tantangan

Ilham Kamaruddin (Universitas Negeri Makassar)
Saparuddin Rambe (IAIN Langsa)
Auliya Aenul Hayati (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Gamar Al Haddar (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Viona Sapulette (Universitas Pattimura)
Joni Wilson Sitopu (Universitas Simalungun)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka di perguruan tinggi di Indonesia, dengan fokus pada dampaknya terhadap keterlibatan dan kemandirian mahasiswa, serta kesiapan dosen dan infrastruktur pendidikan. Kurikulum Merdeka menawarkan fleksibilitas dalam pembelajaran, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi mahasiswa. Namun, perguruan tinggi menghadapi tantangan dalam menyesuaikan kurikulum, melatih dosen, dan memperbaiki infrastruktur. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan untuk menganalisis literatur terkait dan mengidentifikasi tantangan serta strategi yang dapat diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada peluang besar untuk peningkatan kualitas pendidikan, kesiapan dosen dan infrastruktur masih memerlukan perhatian untuk memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Rekomendasi diusulkan untuk mengatasi tantangan tersebut dan memanfaatkan peluang yang ada.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...