Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Falsafah Pendidikan Timur:: Konfusianisme, Hindu-Buddha, dan Islam

Fadliana, Nyayu Afriyani Nur (Unknown)
Sukardi, Ismail (Unknown)
Astuti, Mardiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini membahas falsafah pendidikan Timur dengan fokus pada tradisi Konfusianisme, Hindu-Buddhis, dan Islam. Setiap tradisi menawarkan nilai-nilai unik seperti pembentukan karakter, kesadaran spiritual, dan keselarasan antara ilmu agama dan duniawi. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis kajian pustaka untuk mengidentifikasi prinsip inti dari masing-masing tradisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Konfusianisme menekankan kebajikan, harmoni sosial, dan teladan, sementara tradisi Hindu-Buddhis menyoroti spiritualitas, meditasi, dan pencerahan diri. Pendidikan Islam mengintegrasikan aspek intelektual dan spiritual untuk membentuk individu yang holistik. Penelitian ini memberikan perspektif baru tentang bagaimana nilai-nilai pendidikan Timur dapat diadaptasi untuk menghadapi tantangan pendidikan kontemporer, seperti globalisasi dan krisis identitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...