Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Penguatan Literasi Melalui Pengajaran Membaca pada Mata Kuliah Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi

Lazfihma, Lazfihma (Unknown)
Ismawati, Dwi (Unknown)
Sari, Dwi Lyna (Unknown)
Hiasa, Fina (Unknown)
Rosabda, Perti (Unknown)
Afrodita, Meli (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Penguatan literasi melalui pengajaran membaca pada mata kuliah pembelajaran sastra di perguruan tinggi. Literasi yang kuat sangat penting untuk mendukung kemampuan akademik dan keterampilan kritis mahasiswa, khususnya dalam memahami teks sastra. Pembelajaran sastra di perguruan tinggi tidak hanya berfokus pada pengenalan karya sastra, tetapi juga pada pengembangan kemampuan mahasiswa untuk menganalisis, menginterpretasi, dan mengkritisi teks sastra secara mendalam. Melalui pengajaran membaca yang berbasis pada teks sastra, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan keterampilan literasi mereka, baik dalam hal pemahaman bacaan, penalaran kritis, maupun kemampuan untuk menyampaikan pendapat secara sistematis. Penelitian ini mengkaji berbagai strategi pengajaran membaca yang dapat diterapkan dalam mata kuliah pembelajaran sastra, termasuk teknik membaca kritis, diskusi kelompok, dan penerapan teori sastra dalam konteks pendidikan tinggi. Hasilnya menunjukkan bahwa pengajaran yang efektif dapat memperkuat literasi mahasiswa, mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, dan mempersiapkan mereka untuk berpartisipasi aktif dalam diskursus akademik. Dengan demikian, literasi menjadi salah satu pilar penting dalam pendidikan sastra yang dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan yang berguna dalam berbagai bidang kehidupan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...