Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Minat dan Kesadaran Beragama Peserta Didik

Baharuddin, Baharuddin (Unknown)
Gunawan, Syahrul (Unknown)
Murthasiah, Dewi (Unknown)
Mutaqin, Jaenal (Unknown)
Hidayat, Khoirul (Unknown)
Rizal, A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini membahas inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis teknologi di SMP Kusuma Bangsa, dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan kesadaran beragama peserta didik. Di era digital, perkembangan teknologi informasi memberikan tantangan dan peluang bagi pendidikan, terutama dalam metode pengajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Kusuma Bangsa telah menyediakan berbagai sarana teknologi seperti komputer, akses internet, dan proyektor yang mendukung pembelajaran interaktif. Namun, terdapat tantangan terkait keterbatasan akses teknologi di daerah tertentu dan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi tersebut. Dengan penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi, diharapkan siswa dapat lebih aktif terlibat dalam proses belajar dan memahami ajaran Islam secara lebih mendalam. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk pelatihan guru dalam penggunaan teknologi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI, sehingga pendidikan agama tetap relevan di tengah perubahan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...