Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Implementasi Pembiasaan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar

Efendi, Nofriza (Unknown)
Barkara, Refli Surya (Unknown)
Kelana, Ardian Hangga (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi pembiasaan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan ekstrakurikuler pada kelas rendah sekolah dasar. Karakter peduli lingkungan merupakan aspek penting dalam pembentukan kepribadian siswa, terutama di tingkat pendidikan dasar. Kegiatan ekstrakurikuler dianggap sebagai salah satu sarana efektif untuk mendorong pembentukan karakter peduli lingkungan. Metode penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek penelitian melibatkan guru, siswa, dan orang tua di beberapa sekolah dasar yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler terkait lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembiasaan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan ekstrakurikuler pada kelas rendah sekolah dasar dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga lingkungan. Guru berfungsi sebagai fasilitator dalam mengarahkan kegiatan yang melibatkan partisipasi aktif siswa. Peran orang tua juga memiliki signifikansi dalam mendukung penerapan ini dengan melibatkan diri dalam kegiatan sekolah dan memberikan dukungan kepada anak-anak mereka. Tindakan tersebut perlu dimulai dari tingkat dasar untuk membentuk dan menanamkan nilai-nilai kepada peserta didik di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...