Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pengembangan Modul Ajar Berbasis Struktur Vegetasi Mangrove Pada Materi Ekosistem Kelas X Sekolah Menengah Atas

Sintia N. Hasani (Universitas Negeri Gorontalo)
Frida Maryati Yusuf (Universitas Negeri Gorontalo)
Abubakar Sidik Katili (Universitas Negeri Gorontalo)
Lilan Dama (Universitas Negeri Gorontalo)
Marini Susanti Hamidun (Universitas Negeri Gorontalo)
Hartono Mamu (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan serta hasil belajar peserta didik pada modul ajar berbasis struktur vegetasi mangrove pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Bord and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Teknik pengumpulan data menggunankan angket, wawancara, observasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar validitas, lembar observasi dan angket respon peserta didik. Penelitian ini menghasilkan Modul Ajar yang sudah divalidasi oleh 3 validator ahli yang menunjukkan bahwa nilai kelayakan dari ketiga validator termasuk pada kriteria valid dengan rentang skor 60%-80%. Kepraktisan dari modul ajar yang dibuat dengan memperoleh kriteria maksimal baik pada rentang skor 80%-100%. Tes hasil belajar peserta didik memperoleh nilai N-Gain 0,69 dengan kriteria sedang. Kata kunci: modul ajar, struktur vegetasi mangrove, ekosistem

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...