Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Tema Gaya Hidup Berkelanjutan melalui Penerapan Model Experiential Learning pada Siswa Sekolah Dasar

Dwi Budi Nurcahyaningsih (Universitas Sebelas Maret)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Keterampilan berkomunikasi pada abad 21 sangat dibutuhkan oleh siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan menggunakan model experiential learning. Penerapan model experiential learning melalui 4 langkah yaitu, pengalaman nyata, observasi refleksi, konsep absrak, dan eksperimen aktif. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SDN 2 Kuwayuhan. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan nontes. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan presentase keterampilan berkomunikasi siswa meningkat, hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes lisan dengan aspek yang dinilai adalah kebahasaan (lafal, intonasi, bahasa) dan nonkebahasaan (kelancaran,materi gaya). Respon siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model experiential learning menunjukkan respon positif, seperti antusiasme dan kepercayaan diri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...