Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Srategi Pembelajaran PAI Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra

Imam Pratama (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen)
Kholisotul Mujayanah (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen)
Wahyu Dwi Rahmadani (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen)
Anggi Eka Saputri (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen)
Lisa Amalia Fitroh (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen)
Siti Fatimah (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Pendidikan  inklusif  bagi  anak-anak tunanetra  adalah  cara yang  penting  untuk  memastikan bahwa mereka dapat mengakses pendidikan yang sama dan bagus seperti anak lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran PAI bagi  anak berkebutuhan khusus tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini  yaitu  menggunakan  metode  kualitatif  yang  fokus  pada  pengamatan  yang mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara , observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian kami adalah guru dan tenaga pendidik juga harus dilatih dengan baik agar dapat memberikan pendidikan yang sesuai untuk anak-anak tunanetra. Lingkungan belajar yang mendukung juga perlu dibuat agar anak-anak tunanetra merasa nyaman dan dapat belajar dengan baik. Namun, ada tantangan yang harus dihadapi dalam menerapkan strategi ini, seperti kurangnya kesadaran dan dukungan masyarakat terhadap pendidikan inklusif. Oleh karena itu, penting untuk terus meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat agar pendidikan inklusif bagi anak-anak tunanetra   dapat   terus   berkembang.   Dengan   menerapkan   berbagai   strategi   ini, kami mendapatkan hasil dari penelitian ini yaitu pendidikan inklusif bagi anak-anak tunanetra dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam kehidupan mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...