Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 8, No 1 (2025): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

The Potential of Project-Based Learning Models (PjBL) in Strengthening Students' Independence Character: Systematic Literature Review

Malisa Ishayati (Universitas Sebelas Maret)
Triyanto Triyanto (Universitas Sebelas Maret)
Peduk Rintayati (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam penguatan karakter kemandirian didukung oleh berbagai penelitian yang menunjukkan dampak positif terhadap pemahaman, keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi potensi dan karakteristik PjBL yang efektif dalam memperkuat karakter kemandirian mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis Systematic Literature Review (SLR) dilakukan pada 12 artikel penelitian terpilih yang diterbitkan dalam jurnal terindeks Scopus pada rentang 2022-2024 (3 tahun terakhir). Hasil tinjauan menunjukkan beberapa temuan yang mendukung bukti bahwa PjBL memiliki potensi untuk meningkatkan kemandirian belajar, motivasi, keterlibatan dan pemahaman konsep pada siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Indikator keberhasilan PjBL meliputi pengembangan keterampilan tingkat tinggi, peningkatan keterampilan melintang, keterlibatan siswa aktif, efektivitas kerja kelompok, dan keterampilan khusus. Implementasi PjBL menghadapi tantangan seperti kurangnya pemahaman guru tentang PjBL, keterbatasan sumber daya dan kesulitan dalam manajemen kelas. Implikasi dari penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa seluruh pemangku kepentingan harus berupaya mengembangkan dan mengimplementasikan PjBL yang efektif, terutama dalam memperkuat kemandirian siswa SD. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...