Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Implementasi Pendekataan Teaching at The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II

Wulandari Wulandari (Universitas Sebelas Maret)
Hasyim Asyari (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Nurul Hidayah (SDN Karangasem 4)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Peserta didik kelas II menghadapi kesulitan dalam memahami, menghitung, dan menginterpretasikan konsep pecahan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan dengan menerapkan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, melibatkan 25 peserta didik di SDN Karangasem IV Surakarta. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif untuk menilai peningkatan hasil belajar dari pra-siklus, siklus I, hingga siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dari 60 pada pra-siklus menjadi 83,2 pada siklus I dan 94 pada siklus II. Persentase ketuntasan juga meningkat dari 40% menjadi 64% dan 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...