Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 2 (2025): Volume 6 No. 2 Tahun 2025

PELATIHAN PEMBUATAN ECO-ENZYME SEBAGAI INTEGRASI PEMBELAJARAN SAINS DALAM KEGIATAN P5 UNTUK GURU-GURU SAINS DI KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Maria Erna (Universitas Riau)
Lenny Anwar (Universitas Riau)
Susilawati Susilawati (Universitas Riau)
Asmadi M. Noer (Universitas Riau)
Abdullah Abdullah (Universitas Riau)
Putri Adita Wulandari (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan dan potensi siswa. Salah satu implementasinya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang mendorong siswa untuk terlibat aktif dengan lingkungan sekitar. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep zero waste sekaligus memberikan keterampilan praktis kepada guru untuk mendekatkan siswa pada isu lingkungan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui penyampaian materi, demonstrasi, praktik langsung, serta pendampingan. Hasil evaluasi dari 16 peserta menunjukkan respons positif terhadap pelatihan, dengan 100% peserta mengakui manfaat, kemudahan, dan relevansi materi pelatihan. Faktor utama keberhasilan adalah antusiasme peserta dan kerja sama yang solid antara tim pengabdi dan pihak sekolah. Pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pendidikan berbasis lingkungan dan pembelajaran terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...