Penerapan Kurikulum Merdeka di TKIT Insan Madani merupakan langkah strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Kurikulum Merdeka di TKIT Insan Madani. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Mile dan Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa temuan yaitu dalam penerapan pembelajaran kurikulum merdeka di TKIT Insan Madani diterapkan dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PJBL) berbasis proyek yang dilakukan melalui bermain, sedangkan Pembelajaran Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berupa kegiatan sosio drama dalam topik “Aku Cinta Indonesia”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024