Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

DISKURSUS ALIRAN UTAMA FILSAFAT PENDIDIKAN: PERENIALISME, ESENSIALISME, PROGRESIVISME, DAN REKONSTRUKSIONISME

Hidayatullah Hidayatullah (Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Qur'an Palembang)
Ismail Sukardi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Mardiah Astuti (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Andre Bahrudin (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Afryansyah Afryansyah (Man Insan Cendekia Oki)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aliran utama filsafat pendidikan, yaitu perenialisme, esensialisme, progresivisme, dan rekonstruksionisme, dalam konteks pendidikan. Metode yang digunakan berupa studi kualitatif dengan pendekatan literatur, mengkaji berbagai konsep dasar, sejarah, tokoh, serta implikasinya dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perenialisme menekankan nilai-nilai abadi untuk membentuk individu yang bermoral; esensialisme fokus pada nilai-nilai fundamental yang terbukti tahan lama; progresivisme menekankan fleksibilitas, relevansi pembelajaran dengan kebutuhan zaman, dan aktivitas belajar berbasis pemecahan masalah; sementara rekonstruksionisme berupaya membangun masyarakat baru yang lebih baik melalui pendidikan berbasis nilai-nilai universal. Keempat aliran ini memberikan landasan filosofis yang signifikan bagi pengembangan pendidikan yang lebih relevan dan dinamis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...