Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Fatwa Patimah Nursa’adah (Universitas Indraprasta PGRI)
Novrita Mulya Rosa (Universitas Indraprasta PGRI)
Silvia Septhiani (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Efektivitas metode diskusi dalam pembelajaran kimia telah banyak diakui karena meningkatkan pemahaman konsep yang kompleks, keterampilan berpikir kritis, partisipasi, dan motivasi siswa. Metode ini menciptakan lingkungan belajar interaktif di mana siswa saling bertukar ide dan mengklarifikasi pemahaman secara kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan skor post-test meningkat rata-rata 30%. Selain itu, keterampilan berpikir kritis siswa juga berkembang melalui analisis dan penyelesaian masalah kimia. Tingkat partisipasi mencapai 90%, mencerminkan keterlibatan aktif dan motivasi tinggi. Namun, tantangan seperti kesenjangan partisipasi dan keterbatasan waktu ditemukan. Peran guru sebagai fasilitator sangat penting untuk memastikan diskusi berjalan efektif. Panduan yang terstruktur dan manajemen waktu yang baik dapat mengatasi hambatan ini. Secara keseluruhan, metode diskusi merupakan strategi yang sangat efektif untuk memperdalam pemahaman konsep kimia dan mempromosikan pembelajaran kolaboratif dan dinamis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...