Penelitian ini mengevaluasi dampak kekurangan guru mata pelajaran Pancasila di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Pancasila merupakan dasar negara yang memiliki peran penting dalam menumbuhkan nilai kebangsaan sekaligus karakter siswa. Namun, kekurangan tenaga pendidik yang kompeten dalam bidang ini berpotensi menurunkan kualitas pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan bahwa kurannya guru dapat berdampak pada efektivitas pembelajaran, di mana guru dari mata pelajaran lain harus menggantikan peran guru PPKn, meskipun dengan pemahaman yang terbatas. Kondisi ini berpengaruh terhadap internalisasi nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa. Oleh karena itu, diperlukan solusi kolaboratif antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat untuk mengatasi kekurangan guru serta meningkatkan kualitas pendidikan Pancasila agar dapat mencetak generasi muda yang nasionalis dan berkarakter.
Copyrights © 2025