Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

STUDI KASUS: PENGGUNAAN BAHAN DAN SUMBER AJAR BIOLOGI DI MAN 2 MODEL MEDAN SEBAGAI TRANSFORMASI PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI INTEGRASI BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS PJBL

Sihombing, Nurhanifah Br. (Unknown)
Siburian, Sri Yuliani Rezeki (Unknown)
Klarindha, Winda (Unknown)
Saragih, Azra Nabila (Unknown)
Gaol, Lumban (Unknown)
Arwita, Widya (Unknown)
Mukra, Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Bahan ajar adalah materi atau sumber pembelajaran yang disusun dengan cara yang terstruktur dan menyeluruh, mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran, dan digunakan oleh guru pada kegiatan belajar mengajar bersama siswa. Penelitian ini berfokus pada integrasi materi ajar digital dalam model pembelajran berbasis proyek (Projeck Based Learning/PJBL) guna meningkatkan efektivitas pembelajaran biologi di MAN 2 Model Medan. Metode penelitian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif dan menggunakan kuesioner dan wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar digital, seperti presentasi interaktif, video pembelajaran, dan e-book, dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep biologi dan membuat proses belajar lebih menarik dan interaktif. Guru yang menerapkan PjBL dengan materi ajar digital menemukan bahwa siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, dan mereka belajar lebih banyak bekerja sama dan berpikir kritis. Kesimpulan dari penelitian ini mengonfirmasi bahwa penggunaan materi ajar digital dalam pendekatan PjBL berkontribusi pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, integrasi teknologi dalam pembelajaran biologi perlu terus dikembangkan sebagai bagian dari transformasi pendidikan yang relevan dengan kebutuhan siswa abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...