Studi ini bertujuan mengeksplorasi dampak model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa di mata pelajaran IPS Terpadu di MAN 2 Model Medan. Studi ini menerapkan paradigma penelitian kuantitatif yang didukung oleh kerangka metodologi deskriptif. Data diperoleh melalui distribusi kuesioner kepada 30 siswa sebagai sampel. Data selanjutnya dianalisis melalui uji normalitas, uji linearitas, dan regresi linear sederhana. Temuan penelitian mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan secara statistik antara penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih rendah dari 0,05 serta koefisien determinasi sebesar 0,551. Ini menunjukkan bahwa 55,1% variasi dari variabel hasil belajar dapat dihubungkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Keefektifan model Problem Based Learning (PBL) terbukti mampu meningkatkan pemahaman, partisipasi, dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam konteks pendidikan IPS. Dengan demikian, model pembelajaran ini disarankan sebagai opsi progresif dalam proses Pendidikan.
Copyrights © 2025