Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MAN 2 MODEL MEDAN

Barus, Febriana Krisdayanti (Unknown)
Andriani, Cindy (Unknown)
Ayu, Diana Puspita (Unknown)
Susanti, Dwi (Unknown)
Umar, Andi Taufiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Studi ini bertujuan mengeksplorasi dampak model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa di mata pelajaran IPS Terpadu di MAN 2 Model Medan. Studi ini menerapkan paradigma penelitian kuantitatif yang didukung oleh kerangka metodologi deskriptif. Data diperoleh melalui distribusi kuesioner kepada 30 siswa sebagai sampel. Data selanjutnya dianalisis melalui uji normalitas, uji linearitas, dan regresi linear sederhana. Temuan penelitian mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan secara statistik antara penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih rendah dari 0,05 serta koefisien determinasi sebesar 0,551. Ini menunjukkan bahwa 55,1% variasi dari variabel hasil belajar dapat dihubungkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Keefektifan model Problem Based Learning (PBL) terbukti mampu meningkatkan pemahaman, partisipasi, dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam konteks pendidikan IPS. Dengan demikian, model pembelajaran ini disarankan sebagai opsi progresif dalam proses Pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...