Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode
VOLUME 01 NO 05 APRIL 2025

DAMPAK KUALITAS KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU ANAK DI SEKOLAH SDN 067244 MEDAN

Ica Nikkita Br Sitepu (Universitas Katolik Santo Thomas)
Clarisa Yoan (Universitas Katolik Santo Thomas)
Meikardo Samuel Prayuda (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Keharmonisan keluarga memiliki peran penting dalam membentuk karakter, perilaku, serta perkembangan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kualitas keharmonisan keluarga terhadap perilaku anak di SDN 067244 Medan, khususnya pada siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara terhadap lima siswa dengan latar belakang keluarga yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang berasal dari keluarga tidak harmonis, seperti broken home atau kurang perhatian dari orang tua, cenderung memiliki perilaku pendiam, kurang percaya diri, sulit bersosialisasi, dan tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi. Sebaliknya, siswa yang berasal dari keluarga harmonis menunjukkan perilaku yang lebih stabil secara emosional dan lebih percaya diri dalam berinteraksi sosial. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keharmonisan keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan perilaku anak, dan perhatian serta dukungan orang tua sangat dibutuhkan dalam tahap tumbuh kembang anak, terutama di usia sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmsm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode adalah platform akademis yang memfokuskan pada penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam penggunaan media, strategi pembelajaran, dan metode pengajaran yang inovatif. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan artikel-artikel ...