JOECE: Journal of Early Childhood Education
Vol 1 No 1 (2024): Juni

Analisis Penggunaan Permainan Tradisional Engklek terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Mawar

Herniawati, Ani (Unknown)
Hidayat, Yusuf (Unknown)
Ernasari, Siti (Unknown)
Susanti, Elis (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Permainan tradisional merupakan permainan yang efektif untuk meningkatkan aspek pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini, yang mana salah satunya adalah Permainan Tradisional Engklek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Permainan Tradisional Engklek terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Mawar. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Permainan Tradisional Engklek dapat membantu meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Mawar, di antaranya: anak mampu melompat dengan satu kaki, anak mampu melakukan koordinasi gerakan mata, kaki, dan tangan, anak mampu secara terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu, bermain Tradisional Engklek mengenalkan nilai-nilai budaya juga memberikan dampak terhadap aspek perkembangan nilai agama dan moral, aspek kognitif, aspek sosial emosional, dan kekuatan fisik. Kesimpulannya, penggunaan Permainan Tradisional Engklek memberikan dampak positif dan signifikan terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD Mawar, juga terhadap aspek nilai agama dan moral, aspek kognitif, aspek sosial emosional serta kekuatan fisik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joece

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JOECE: Journal of Early Childhood Education aims to share innovative models, programs, research, policies, and practices that enhance early childhood education worldwide. It serves a global audience committed to building sustainable, positive futures for children. The journal welcomes contributions ...