Journal of Special Education Lectura
Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Special Education Lectura

PERAN KOMUNIKASI ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER

Anggawati Imanniyah (Universitas Mercubaktijaya)
Elda Despalantri (Universitas Mercubaktijaya)
Rahmi Khalida (Universitas Mercubaktijaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Peranan motivasi sangat diperlukan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak dengan gangguan Autism. Hal ini karena lingkungan yang kurang mendukung serta kurang tahunya pemahaman mengenai penanganan pada anak Autism. Maka dari itu orang tua dapat menerapkan komunikasi interpersonal untuk memotivasi anak sebagai penentu keberhasilan dalam mencapai perkembangan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai komunikasi orang tua terutama pada anak Autism Spectrum Disorder dan mengetahui sejauhmana komunikasi orang tua berpengaruh terhadap kemampuan interpersonal dari anak autism spectrum disorder. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana peneliti meneliti secara menyeluruh terhadap fakta yang terdapat di lokasi penelitian sesuai dengan fokus permasalahan, dengan cara meneliti langsung, kemudian data hasil analisis disajikan dan diberikan pembahasan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini di simpulkan bahwa adanya sebuah keakraban antara orang tua dan anak, adanya kesepakatan yang terjalin antara orang tua dan anak, ketepatan respon orang tua terhadap anak, dan nada bicara yang sesuai. Komunikasi dilakukan dengan cara menyampaikan pesan berulang-ulang, menggunakan bahasa yang lugas dan jelas, dan memberikan contoh yang riil agar dipahami oleh sang anak, adapun efektifitas terwujud dikarenakan adanya waktu situasi yang tepat dan konsistensi dari orang tua.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSELectura

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal of Special Education Lectura adalah jurnal penelitian yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian dari ...