This study examines the role of academic supervision in enhancing the professionalism of Christian Religious Education (CRE) teachers. Educational supervision is vital for helping teachers develop their pedagogical, social, and spiritual competencies. This research employs the Systematic Literature Review (SLR) method, analyzing 10 relevant articles published between 2019 and 2024. The results showed that academic supervision has a significant influence on PAK teachers' professionalism, encompassing aspects of knowledge, skills, and character. The positive results of supervision not only improve teachers' ability to manage learning but also contribute to improving the overall quality of education. Although there are challenges in implementing supervision, such as a lack of coordination and differences in the educational backgrounds of PAK teachers, a collaborative approach can create a supportive atmosphere for teacher development. Therefore, academic supervision should be viewed as a coaching effort that aims to foster a mutually supportive partnership among principals, supervisors, and teachers to enhance the quality of education. AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peranan supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Kristen (PAK). Supervisi akademik dianggap sebagai sarana yang penting untuk membantu guru dalam mengembangkan kompetensi pedagogis, sosial, dan spiritual. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 10 artikel relevan yang diterbitkan dalam kurun waktu 2019 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru PAK, yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan karakter. Hasil positif dari supervisi ini tidak hanya meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, tetapi dampaknya juga berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Meskipun terdapat tantangan dalam pelaksanaan supervisi, seperti kurangnya koordinasi dan perbedaan latar belakang pendidikan guru PAK, pendekatan supervisi yang bersifat kolaboratif dapat menciptakan suasana yang mendukung pengembangan guru. Oleh karena itu, supervisi akademik seharusnya dipandang sebagai upaya pembinaan yang bertujuan untuk membangun kemitraan yang saling mendukung antara kepala sekolah, pengawas, dan guru, guna meningkatkan kualitas pendidikan.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025