Quantum : Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya
Vol 5, No 2 (2025)

Penggunaan Model PBL Berbantuan Media Diorama Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Materi Ekosistem Sekolah Dasar

Adila, Adnin Cahyadi (Unknown)
Hadiwijaya Z, Rizki (Unknown)
Pratama, Febri Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam perencanaan dan pelaksanaan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media diorama pada materi ekosistem di kelas V SDN Cibungkul. Metode penelitian yang dipilih yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah pada saat pra tindakan diperoleh data peserta didik yang berpikir kritis adalah 23%, selanjutnya pada siklus I menjadi 59%, dan pada siklus II diperoleh data peserta didik yang berpikir kritis 86% atau meningkat 63% dari pra tindakan. Maka, hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah 83,4. Sehingga penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media diorama dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem.Kata-kata kunci:Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Diorama

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

QJIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics Social Sciences Other

Description

Quantum: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya (QJPIA) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan Pendidikan IPA. Scope dari QJPIA terdiri dari: Pendidikan Fisika (Inovasi Pembelajaran Fisika, Penilaian dan Evaluasi dalam Fisika, Media dan bahan ajar Fisika, Kurikulum Fisika ...