Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam perencanaan dan pelaksanaan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media diorama pada materi ekosistem di kelas V SDN Cibungkul. Metode penelitian yang dipilih yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah pada saat pra tindakan diperoleh data peserta didik yang berpikir kritis adalah 23%, selanjutnya pada siklus I menjadi 59%, dan pada siklus II diperoleh data peserta didik yang berpikir kritis 86% atau meningkat 63% dari pra tindakan. Maka, hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah 83,4. Sehingga penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media diorama dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem.Kata-kata kunci:Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Diorama
Copyrights © 2025