Karuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Vol. 2 No. 1 (2025): Karuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin

Penerapan Metode Mendongeng untuk Meningkatkan Minat Baca Anak TK di Mempawah Hilir

Atiqa Nur Latifa Hanum (Unknown)
Sahidi (Unknown)
Sisilya Saman (Unknown)
Amir, Amriani (Unknown)
Mifta Rahman (Unknown)
Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak usia dini melalui metode mendongeng interaktif. Kegiatan ini dilakukan di TK Negeri Pembina Mempawah Hilir dengan melibatkan 20 siswa, guru, serta fasilitator dari Program Diploma Ilmu Perpustakaan Universitas Tanjungpura. Metode yang digunakan mencakup observasi awal, wawancara dengan pemangku kepentingan, serta sesi mendongeng yang memanfaatkan ekspresi wajah, intonasi suara, dan gerakan tubuh. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa selama sesi mendongeng, serta meningkatnya dukungan guru dan orang tua dalam aktivitas literasi. Kesimpulannya, mendongeng interaktif terbukti sebagai strategi efektif dalam menumbuhkan minat baca anak usia dini dan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karuna

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Karuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin adalah jurnal ilmiah yang didedikasikan untuk mendokumentasikan hasil-hasil pengabdian kepada Masyarakat dan berfokus pada penyebarluasan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dari berbagai disiplin ilmu yang mencakup berbagai bidang studi, ...