PESHUM
Vol. 4 No. 3: April 2025

Implementasi Metode Case Based Learning dalam Pembelajaran Maharah Kalam

Zaki, Achmad (Unknown)
Jumhur (Unknown)
Qaaf, Muhammad Alfath (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Masih banyak guru yang belum menerapkan model pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode Case Based Learning di SMA IT Darul Ikhlas Pagaralam. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Method dengan data kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian Mixed Method adalah metode penelitian yang pengaplikasiannya menyangkut kombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Hasil uji T menunjukkan bahwa data yang diperoleh signifikan (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selain itu, penerapan metode ini juga meningkatkan semangat siswa dalam belajar bahasa Arab, yang terlihat dari peningkatan proses pembelajaran setelah metode ini diterapkan.. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Case Based Learning (CBL) dalam pembelajaran kalam di SMA IT Darul Ikhlas dapat meningkatkan semangat dan efektivitas belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...