Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling
Vol. 5, No. 1: Mei 2018

Efektifitas Layanan Model Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII di SMP 1 Indralaya

Dewi, Ratna Sari (Unknown)
Sucipto, Sigit Dwi (Unknown)
Puriani, Risma Anita (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat keefektifan model layanan konseling kelompok menggunakan teknik psikodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri diri siswa SMP N 1 Indralaya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experiment. Untuk mengukur keefektifan model layanan konseling kelompok menggunakan teknik psikodrama untukmeningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP N 1 Indralaya. Desain yang digunakan yaitu peneliti adalah pre-experimental: one group pretest-posttest design. Hasil Uji wilcoxon juga menunjukkan Model konseling kelompok menggunakan teknik psikodrama yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa sebesar 0,005, dikarenakan nilai 0,005 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”. Artnya , terdapat perbedaan antara pretestposttest, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode teknik psikodrama dalam konseling kelompok terhadap Self-Efficacy pada siswa kelas VIII SMP 01 Indralaya dengan Sig. (2-tailed) < 0,05. Disimpulkan bahwa model konseling kelompok menggunakan teknik psikodrama terbukti efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP N 1 Indralaya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Lingkup Jurnal Konseling komprehensif ialah bimbingan dan konseling, Bimbingan Konseling Islam, Konseling Keluarga, Konseling Karir, Bimbingan konseling Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Psikologi Pendidikan, Konseling Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan ...