Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan suatu media pembelajaran digital berupa komik berbasis Webtoon yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian untuk uji coba produk pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX G SMP Negeri 1 Campalagian. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian lembar validasi, angket dan tes. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran komik digital yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan pada aspek media dan materi dengan kategori sangat baik, (2) respons guru terhadap produk media pembelajaran komik digital berbasis Webtoon yang telah diterapkan dalam pembelajaran matematika berada pada kategori sangat positif dan respons peserta didik berada pada kategori positif, (3) minat belajar dan hasil belajar matematika peserta didik setelah penerapan produk media pembelajaran komik digital berbasis Webtoon mengalami peningkatan dengan kategori sedang.
Copyrights © 2024