LEBAH
Vol. 18 No. 3 (2025): May: Pengabdian

Optimalisasi pembelajaran energi terbarukan melalui implementasi trainer PLTS di SMK N 1 koto XI tarusan

Myori, Dwiprima Elvanny (Unknown)
Asni, Asni (Unknown)
Nurrahmawati, Puji (Unknown)
Faradina, Nevi (Unknown)
Eliza, Fivia (Unknown)
Mulya, Hasan Sayuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Energi terbarukan, khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), menjadi solusi penting dalam menjawab tantangan energi global. Pelatihan dan implementasi penggunaan trainer PLTS di SMK bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tentang energi terbarukan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK N 1 Koto XI Tarusan dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung selama empat hari yang diikuti oleh 13 orang guru. Kegiatan ini meliputi pengadaan dan pelatihan penggunaan trainer PLTS sebagai media pembelajaran praktis bagi siswa SMK. Berdasarkan hasil evaluasi melalui kuisioner yang dibagikan kepada peserta setelah mengikuti kegiatan ini diperoleh bahwa 46.15% dari peserta merasa sangat paham dan 53.85% cukup paham mengenai energi terbarukan, 100% dari peserta yakin untuk mengimplementasikan trainer sebagai media pembelajaran, serta 61.54% dari peserta merasa kemampuan mengajar mereka sangat meningkat. Bentuk kontribusi kegiatan ini yaitu tersedianya media pembelajaran PLTS dan meningkatnya profesionalisme guru. Pelatihan ini diharapkan mampu mendorong pembelajaran berbasis praktik di SMK

Copyrights © 2025