Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya asesmen dalam pendidikan anak usia dini serta ragam bentuk asesmen yang relevan digunakan dalam mendukung perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan library research dalam menganalisis data baik dari jurnal dan buku yang membahas asesmen anak usia dini. Hasil studi ini menunjukkan bahwa asesmen memiliki peran penting dalam mengukur sejauhmana perkembangan anak usia dini dan menjadi dasar dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan serta tahapan perkembangan anak usia dini. Asesmen juga berfungsi sebagai media kolaborasi antara guru dengan orang tua untuk menstimulus aspek perkembangan anak usia dini serta mendukung program pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini dengan praktik parenting yang dilakukan orang tua di rumah. Artikel ini membahas dua bentuk asesmen utama, yaitu asesmen formatif yang digunakan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran secara berkelanjutan, dan asesmen sumatif yang digunakan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran dalam periode tertentu. Akan tetapi, penelitian ini memiliki keterbatasan karena bersifat konseptual dan belum dilengkapi data empiris lapangan, sehingga diperlukan penelitian lanjutan dengan studi lapangan untuk memperkuat hasil temuan berkaitan dengan asesmen pada anak usia dini. This article aims to examine the importance of assessment in early childhood education and the various forms of relevant assessment used to support child development. This study uses a descriptive qualitative method with a library research approach in analyzing data from both journals and books that discuss early childhood assessment. The results of this study indicate that assessment has an important role in measuring the extent of early childhood development and is the basis for designing learning that is in accordance with the needs and stages of early childhood development. Assessment also functions as a medium for collaboration between teachers and parents to stimulate aspects of early childhood development and support learning programs in early childhood education institutions with parenting practices carried out by parents at home. This article discusses two main forms of assessment, namely formative assessment which is used to monitor and improve the learning process continuously, and summative assessment which is used to determine the achievement of learning objectives in a certain period. However, this study has limitations because it is conceptual and has not been equipped with empirical field data, so further research is needed with field studies to strengthen the findings related to assessment in early childhood.
Copyrights © 2025