Jambura Elementary Education Journal
Vol 6 No 1 (2025): VOLUME 6 NOMOR 1, JUNI TAHUN 2025

Persepsi Mahasiswa terhadap Strategi Pembelajaran: Analisis Apersepsi pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran PGSD

Mahniar, Ade (Unknown)
Pakaya, Widi Candika (Unknown)
Thalib, Darmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang akan memulai mata kuliah Strategi Pembelajaran. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana mahasiswa memandang konsep strategi pembelajaran, pengalaman mereka dengan berbagai metode pembelajaran, serta harapan mereka terhadap mata kuliah Strategi Pembelajaran. Data diperoleh melalui kuisioner yang diisi oleh 84 mahasiswa pada pertemuan pertama mata kuliah. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman dasar yang baik tentang strategi pembelajaran, namun terdapat beberapa variasi dalam preferensi mereka terhadap penggunaan teknologi dan metode pembelajaran tertentu. Pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dianggap efektif oleh mahasiswa, meskipun tantangan seperti manajemen waktu dan perbedaan gaya belajar tetap menjadi kendala. Penelitian ini menyarankan agar pengajaran mata kuliah Strategi Pembelajaran mengintegrasikan teknologi dengan lebih baik dan memperhatikan keragaman gaya belajar mahasiswa untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...