Jambura Elementary Education Journal
Vol 6 No 1 (2025): VOLUME 6 NOMOR 1, JUNI TAHUN 2025

Pengaruh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Mannassai, Annisa (Unknown)
Sulastya Ningsih (Unknown)
Sri Yulan Umar (Unknown)
Fiola Indah Putri Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka sebagai solusi mengekspresikan kebebasan belajar sambil bermain untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh proyek penguatan profil pelajar Pancasila terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini menggunakan desain Pre- experimental dengan pendekatan One-Group Pretest-Posttest Design, yang melibatkan 15 siswa di TK Mekar Sari Kec. Biloyohuto sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan Test Performance. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan proyek pengembangan profil pelajar Pancasila berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial emosional siswa, di TK Mekar Sari Kec. Biloyohuto. Hal ini ditujukkan dengan nilai signifikansi pada uji paired sample t-test sebesar 0,001 (p ≤ 0,05). Sehingga disimpulkan bahwa pelaksanaan proyek pengembangan profil pelajar pancasila berdampak positif dan signifikan terhadap perkembangan sosial emosional siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...