Salah satu langkah pemerintah dalam memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan mengubah kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan zaman. Pengaruh perubahan dari Kurikulum 2013 (K13) ke Kurikulum Merdeka terhadap kualitas pendidikan di Indonesia dibahas dalam artikel ini.  Meskipun perubahan kurikulum telah direncanakan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan saat ini, kurangnya sosialisasi serta persiapan yang kurang optimal sering menjadi kendala serta kesulitan untuk menerapkan kurikulum pembelajaran terbaru.  Maka dari itu untuk melihat bagaimana perubahan kurikulum yang dilakukan pada tahun 2013 berdampak pada hasil belajar siswa.  Kurikulum merdeka dapat bermanfaat dalam bidang pendidikan karena memberikan peserta didik yang mandiri untuk memilih topik pembelajaran yang diminati dan memberi mereka cukup waktu untuk mempelajari konsep dan memperkuat kompetisi. Selama proses pembelajaran berlangsung di sekolah, guru diberi kebebasan untuk memilih perangkat ajar dan metode belajar mereka sendiri. Tetapi masih ada masalah dengan peranan guru, kelebihan dan kekurangan kurikulum, dan pemahaman tentang bagaimana kurikulum baru diterapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025