Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 2 (2025): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 2 Tahun 2025

Analisis Sajian Materi Konsep Pecahan pada Buku Teks Matematika Kelas IV SD Berdasarkan Prakseologi

Abung, Miranda (Unknown)
Putra, Agung Dian (Unknown)
Nurjanah, Siti (Unknown)
Astiti, Niken Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Bilangan adalah salah satu topik penting yang harus dikuasai oleh siswa saat mempelajari matematika karena diajarkan di setiap tingkat pendidikan, baik dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah. Meskipun penting, fakta di lapangan menunjukkan hal yang berbeda. Siswa masih mengalami kesulitan saat mempelajari topik angka, terutama dalam memahami pecahan. Kesulitan tersebut dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan buku sebagai sumber pembelajaran siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan melakukan analisis buku teks matematika untuk siswa kelas empat sekolah dasar, yang berfokus pada konsep pengenalan pecahan melalui praxeology. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Desain fenomenologi dipilih dikarenakan peneliti akan melakukan analisis pada rangkaian tugas yang ada pada satu buku sekaligus untuk melihat potensi kemungkinan pemaknaan peserta didik yang dapat menimbulkan kesulitan pada dirinya. Buku teks yang dianalisis adalah Buku Sekolah Elektronik yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologis. Analisis ini terdiri dari lima topik, dengan jenis tugas di bawah praxeology titik dan lokal, serta teknik yang digunakan di bawah teknik perseptual. Hasil penelitian ini memberikan analisis tentang konsep pengenalan pecahan yang disajikan pada buku tersebut dengan hasilnya empat tugas masuk dalam tipe point praxeology dan satu tugas masuk ke dalam tipe local praxeology.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...