Bilangan adalah salah satu topik penting yang harus dikuasai oleh siswa saat mempelajari matematika karena diajarkan di setiap tingkat pendidikan, baik dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah. Meskipun penting, fakta di lapangan menunjukkan hal yang berbeda. Siswa masih mengalami kesulitan saat mempelajari topik angka, terutama dalam memahami pecahan. Kesulitan tersebut dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan buku sebagai sumber pembelajaran siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan melakukan analisis buku teks matematika untuk siswa kelas empat sekolah dasar, yang berfokus pada konsep pengenalan pecahan melalui praxeology. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Desain fenomenologi dipilih dikarenakan peneliti akan melakukan analisis pada rangkaian tugas yang ada pada satu buku sekaligus untuk melihat potensi kemungkinan pemaknaan peserta didik yang dapat menimbulkan kesulitan pada dirinya. Buku teks yang dianalisis adalah Buku Sekolah Elektronik yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologis. Analisis ini terdiri dari lima topik, dengan jenis tugas di bawah praxeology titik dan lokal, serta teknik yang digunakan di bawah teknik perseptual. Hasil penelitian ini memberikan analisis tentang konsep pengenalan pecahan yang disajikan pada buku tersebut dengan hasilnya empat tugas masuk dalam tipe point praxeology dan satu tugas masuk ke dalam tipe local praxeology.
Copyrights © 2025