Penelitian ini bertujuan untuk memetakan trajektori transformasi konseptual siswa dalam konsep fluida melalui aktivitas pembelajaran berbasis teks digital. Secara khusus, penelitian ini berfokus pada identifikasi dua jenis transformasi, yaitu konstruksi dan rekonstruksi, serta menganalisis bagaimana keduanya berkembang sepanjang proses pembelajaran. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam desain penelitian longitudinal eksploratori. Partisipan terdiri dari 64 siswa kelas X jurusan IPA berusia 15 hingga 16 tahun, yang dipilih dari populasi sebanyak 187 siswa di salah satu SMA negeri di Bandung, Indonesia. Intervensi dilakukan melalui empat dokumen e-CDCCText (Electronic Conceptual Development and Conceptual Change Text) yang terstruktur dan mencakup topik tekanan hidrostatik, gaya apung, serta konsep mengapung dan tenggelam. Setiap teks terdiri atas tujuh bagian berjenjang (scaffolded), namun analisis data difokuskan pada Bagian I (konsepsi awal), Bagian III (identifikasi ulang pada pertengahan), dan Bagian VII (konsepsi akhir). Respons siswa dievaluasi menggunakan instrumen diagnostik empat tingkat yang telah divalidasi untuk kualitas konstruk dan item melalui analisis Rasch. Data dianalisis menggunakan klasifikasi kategorikal perubahan konseptual dan teknik stacking dan racking berbasis Rasch untuk mengamati pergeseran tingkat konseptual siswa melalui konstruksi atau rekonstruksi, dengan trajektori yang bervariasi, seperti pola langsung (immediate), bertahap (gradual), atau tertunda (delayed). Pergeseran ini terutama tampak pada fase akhir aktivitas pembelajaran. Temuan menunjukkan bahwa teks digital yang terstruktur berpotensi mendukung transformasi konseptual dengan membimbing siswa melalui fase-fase pembelajaran yang progresif. Pemetaan trajektori juga memberikan wawasan berharga bagi pendidik untuk memantau pertumbuhan konseptual dan merancang strategi pembelajaran yang responsif terhadap perkembangan pemahaman siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025