Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan implementasi metode modeling the way pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas 3 di SD Negeri 006 Kunto Darussalam, serta melihat proses pelaksanaan dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat metode modeling the way dalam meningkatkan kreativitas siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang berupa reduksi data, model data dan penarikan atau verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan metode modeling the way dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kreativitas siswa dengan kegiatan demonstrasi tema pelajaran dan diskusi oleh siswa telah dilaksanakan dengan baik. Metode modeling the way dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam telah meningkatkan kreativitas siswa ditandai dengan persiapan siswa sebelum demonstrasi, siswa yang saling bekerja sama dengan teman sekelompok, siswa yang terampil menjawab pertanyaan saat melakukan proses diskusi. Selain itu faktor pendukung implementasi metode modeling the way adalah adanya persiapan matang oleh guru sehingga metode ini efektif dan efesien meningkatkan keterampilan kreativitas siswa. Faktor penghambat dapat dilihat dari kurangnya kerjasama dan tanggung jawab antar siswa.
Copyrights © 2025