Pada Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan platform media TikTok sebagai video pembelajaran Agama Islam (PAI) yang dipadukan dengan metode konvensional. Pendekatan yang menggunakan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap mahasiswa semester 6 IAIN Palangkaraya yang telah mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah dan video TikTok. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan TikTok dalam pembelajaran PAI mampu meangani kejenuhan, siswa termotivasi, memperkuat pemahaman konsep keagamaan, serta menumbuhkan minat belajar. Materi yang dikemas secara visual, singkat, dan menarik dalam format video pendek TikTok membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan sesuai dengan karakter yang disukai Generasi Z yang lekat dengan media digital. Meskipun demikian, pendampingan guru tetap diperlukan agar penggunaan media ini tidak menyimpang dari nilai-nilai keislaman dan tujuan kurikulum. Dengan demikian, kolaborasi antara metode konvensional dan media digital seperti TikTok dapat menjadikan proses pembelajaran yang efektif, dan sesuai dengan perkembangan zaman.    
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025