Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 7 No. 1 (2025): Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Video Pembelajaran PAI Menggunakan Metode Konvensional

Gunanti (Unknown)
agustin, Marlina (Unknown)
Yulistiana, Afda (Unknown)
Khatimah, Husnul (Unknown)
Jasiah, Jasiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Pada Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan platform media TikTok sebagai video pembelajaran Agama Islam (PAI) yang dipadukan dengan metode konvensional. Pendekatan yang menggunakan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap mahasiswa semester 6 IAIN Palangkaraya yang telah mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah dan video TikTok. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan TikTok dalam pembelajaran PAI mampu meangani kejenuhan, siswa termotivasi, memperkuat pemahaman konsep keagamaan, serta menumbuhkan minat belajar. Materi yang dikemas secara visual, singkat, dan menarik dalam format video pendek TikTok membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan sesuai dengan karakter yang disukai Generasi Z yang lekat dengan media digital. Meskipun demikian, pendampingan guru tetap diperlukan agar penggunaan media ini tidak menyimpang dari nilai-nilai keislaman dan tujuan kurikulum. Dengan demikian, kolaborasi antara metode konvensional dan media digital seperti TikTok dapat menjadikan proses pembelajaran yang efektif, dan sesuai dengan perkembangan zaman.    

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

akad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Akademika terbit sejak tahun 2019, jurnal ini merupakan jurnal Manajemen Pendidikan Islam yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian tentang pendidikan. Secara berkala Jurnal Akademika akan terbit setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan ...