Aptana: jurnal Ilmu dan Humaniora
Vol 1 No 1 (2025): Aptana: Jurnal Ilmu & Humaniora Vol. 01 No. 01 2025 Edisi Juli

PERAN ADMINISTRASI KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN NASIONAL

Pratiwi, Vinni Dini (Unknown)
Purwanti, Desi (Unknown)
Asty, Dwilia (Unknown)
Syahputra, Irfan (Unknown)
Sofiani (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Lumbantoruan, Sorta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang administrasi kurikulum dalam pendidikan nasional. Administrasi kurikulum dalam pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Kurikulum bukan hanya sekadar rancangan pembelajaran, tetapi juga mencakup pengelolaan sumber daya, penilaian, serta evaluasi terhadap implementasi pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran administrasi kurikulum dalam memastikan keselarasan antara tujuan pendidikan, materi pembelajaran, serta metode pengajaran yang diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan analisis dokumen yang relevan dengan topik administrasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi kurikulum yang baik memerlukan koordinasi yang efektif antar stakeholder pendidikan, seperti pemerintah, sekolah, dan masyarakat, serta adanya pengawasan yang berkelanjutan terhadap implementasi kurikulum. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kapasitas administrasi kurikulum guna mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkualitas

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Aptana memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu pendidikan & humaniora. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah : Pendidikan Sekolah Dasar Pendidikan Agama Pendidikan Olahraga Kewirausahaan Filsafat Ilmu Ilmu Teori dan ...