Lontar Physics Today
Vol 4, No 2 (2025): June 2025

Tren Penelitian IoT dalam Pembelajaran Berbasis STEM pada Pendidikan Fisika: Bibliometric Analysis

Miladanta, Algi Nurahman (Unknown)
Rochman, Chaerul (Unknown)
Sukmawardani, Yulia (Unknown)
Nuryantini, Ade Yeti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji tren penerapan Internet of Things (IoT) dalam pembelajaran fisika berbasis STEM. Tujuannya adalah untuk menelusuri perkembangan penelitian dalam konteks pendidikan serta mengungkap pola kolaborasi dan dampak ilmiahnya. Metode analisis bibliometrik digunakan dengan bantuan Publish or Perish (PoP) dan VOSviewer untuk mengumpulkan data kutipan, memetakan tren topik, dan memvisualisasikan jejaring kolaborasi. Analisis dari Google Scholar dan Scopus menunjukkan peningkatan minat terhadap integrasi IoT dalam pendidikan STEM, meskipun masih menghadapi tantangan dalam hal visibilitas dan dampak penelitian. Hasil temuan menegaskan pentingnya penguatan fokus pada implementasi IoT dalam pembelajaran fisika dan peningkatan kerja sama antara peneliti. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk lebih menekankan aspek penerapan, memperluas kolaborasi, serta meningkatkan kontribusi riset terhadap perkembangan pendidikan STEM. Kata kunci: Internet of Things, Pembelajaran Fisika, STEM, Bibliometrik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

upt

Publisher

Subject

Education Physics

Description

LONTAR PHYSICS TODAY is a scientific journal published by the Physics Education Study Program, Universitas PGRI Semarang with the scope of all areas in the fields of physics and physics education. Lontar Physics Today papers will be published three times a year on February, June, and Nopember by ...