Carmin: Journal of Community Service
Vol. 5 No. 1 (2025)

Lokakarya Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Berbasis STEAM (Science Technology Engineering Art and Mathematics) bagi Guru Kimia SMA

Setyowati, Widiastuti Agustina Eko (Unknown)
Van Hayus, Elfi Susanti (Unknown)
Mulyani, Sri (Unknown)
Ariani, Sri Retno Dwi (Unknown)
Utomo, Suryadi Budi (Unknown)
Wathon, Muhammad Hizbul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2025

Abstract

Telah dilaksanakan Lokakarya Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis Science Technology Engineering Art and Mathematics (STEAM) bagi Guru Kimia SMA. Berdasarkan diskusi antara tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Kelompok Riset Bahan Alam, Rekayasa Molekuler, dan Pembelajaran Kimia dengan Ketua MGMP Kimia Surakarta, salah satu permasalahan guru kimia di Surakarta adalah sebagian besar guru kimia masih jarang mengintegrasikan unsur STEAM dalam pembelajaran, khususnya integrasi STEAM dengan SSP. Tujuan dari lokakarya ini adalah untuk memberikan keterampilan kepada peserta dalam mengembangkan instrumen kontekstual yang relevan. Lokakarya ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan pemenuhan Rencana Hasil Kerja Guru dalam Platform Merdeka Mengajar (RHK PMM). PkM dilaksanakan dengan metode Asset Based Community Development (ABCD), terdiri atas Discovery (menemukan), Dream (impian), Design (prosedur), Define (pemantapan tujuan), dan Destiny (self determination) yang secara umum dilaksanakan dalam 3 tahap kegiatan, yaitu: 1) persiapan, 2) pelaksanaan, dan 3) evaluasi. Lokakarya yang diselenggarakan berhasil meningkatkan profesionalisme guru kimia dalam kurikulum Merdeka. Melalui pretest dan posttest yang diberikan, terjadi peningkatan pengetahuan peserta terkait materi SSP berbasis STEAM sebesar 19,86 % dengan N-gain sebesar 0,585 (sedang). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegaiatan lokakarya yang dilaksanakan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi SSP berbasis STEAM dengan kategori sedang. Meningkatnya jumlah jawaban benar pada posttest menunjukkan bahwa kegiatan lokakarya berjalan dengan baik sehingga memberikan dampak positif bagi guru dalam hal pemahaman dan cara penerapan STEAM dalam pembelajaran, khususnya dalam hal pengembangan SSP. Selain itu kegiatan lokakarya ini mampu menghasilkan output berupa SSP berbasis STEAM yang berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

carmin

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Carmin: Journal of Community Service berfokus pada publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun. Kami menerima artikel dengan ruang lingkup implementasi pengabdian kepada ...