Artikel ini membahas filsafat pendidikan Islam melalui tiga aspek utama: ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami landasan filosofis pendidikan Islam serta implikasinya terhadap tujuan dan nilai pendidikan. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui studi kepustakaan, penelitian ini menggali literatur terkait filsafat pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ontologi dalam pendidikan Islam berfokus pada hakikat manusia dan potensinya, yang meliputi aspek fitrah serta perkembangan keislaman yang bertujuan membentuk insan kamil. Epistemologi pendidikan Islam berakar pada wahyu sebagai sumber pengetahuan yang utama, dengan Alquran dan Hadis sebagai pedoman utama dalam pengembangan teori dan praktik pendidikan. Aspek aksiologi menekankan pada nilai-nilai etika dan moral dalam penerapan pendidikan Islam, dengan tujuan menghasilkan individu yang memiliki nilai spiritual dan sosial yang tinggi. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya pemahaman tentang dasar dan nilai pendidikan Islam, serta pentingnya integrasi nilai-nilai ilahiyah dalam proses pendidikan.
Copyrights © 2025