INSANI: Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan
Vol 3 No 1 (2025): Vol 3 No 1 (2025): INSANI: Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan

Konsep Al'alim wa Muta'alim: Relevansi Etika Guru-Murid dalam Pendidikan Pesantren Modern: The Concept Of Al'Alim And Muta'Alim: The Relevance Of Teacher-Student Ethics In Modern Pesantren Education

Rohmatillah, Nely (Unknown)
Nursikin, Mukh (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Tulisan ini membahas konsep etika dalam hubungan antara guru dan murid yang dijelaskan dalam karya K.H. Hasyim Asyari, "Al'alim wa Muta'alim." Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi relevansi prinsip-prinsip etika tersebut dalam konteks pendidikan pesantren modern. Dengan menekankan pentingnya adab sebagai landasan interaksi, penulisan ini mengungkap tanggung jawab timbal balik antara guru dan murid dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini juga menjelaskan bagaimana penerapan nilai-nilai etika dalam kurikulum pesantren dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan berkontribusi pada pengembangan karakter santri. Melalui pelatihan bagi guru, program mentoring, dan evaluasi berbasis etika, pesantren dapat mempersiapkan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki moralitas yang baik. Dengan demikian, konsep "Al'alim wa Muta'alim" tetap relevan dan penting dalam pendidikan Islam di era modern. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

insani

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

INSANI: Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam (YPI) AN NUR INSANI. Tujuan utama dari jurnal ini adalah untuk menerbitkan karya-karya ilmiah di bidang ilmu agama dan pendidikan. Scope dari jurnal INSANI meliputi kajian-kajian spesifik di ...