Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam
Vol 3 No 1 (2025): Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam

Implementasi Pendidikan Agama: Penanaman Nilai-nilai Agama dan Moral di Kelompok Bermain Nurussibyan

Suryani, Yani (Unknown)
Solihuttaufa, Encep (Unknown)
Gundara, Aris (Unknown)
Munandar, Anhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penanaman nilai-nilai agama dan moral merupakan hal yang sangat urgen sebagai upaya mendasari anak agar memiliki budi pekerti yang luhur (akhlakul karimah). Pada kurikulum tahun 2013 PAUD dijelaskan bahwa pendidikan agama bagi anak usia dini merupakan Kompetensi Dasar (KD) dalam sikap spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan agama di Kelompok Bermain Nurussibyan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus ini menggali informasi dan menggambarkan bagaimana implementasi pendidikan agama pada Pendidikan Anak Usia Dini. Dengan partisipan dalam penelitian ini adalah guru. Teknik pengambilan data dalam penilitian ini menggunakan teknik observasi dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian menjelaskan bahwa Nilai-nilai agama Islam dan moral yang dikembangkan pada Kelompok Bermain Nurussibyan berbasis pada Kurikulum tahun 2013 untuk PAUD. Pada sekolah tersebut juga ada beberapa materi di luar kurikulum 2013 yang menjadi program unggulan, yaitu : (1) hafalan doa sehari-hari, (2) hafalan surat-surat pendek dari Alquran, (3) kalimah thayyibah, (4) Asmaul Husna, (5) ibadah praktis, (6) iqra’, dan (7) pembisaan-pembiasaan perilaku.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

murid

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Other

Description

Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam merupakan jurnal online dengan fokus mempublikasikan artikel berbasis penelitian yang berkaitan dengan Pemikiran Islam yang memuat kajian-kajian keislaman dalam ruang lingkup ilmu Ushuluddin, Syari’ah, Tarbiyah, Psikologi Islam, Adab, Dakwah, dan ...