Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025)

Tutor Sebaya Sebagai Strategi Dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah

Kusumaningrum, Izky (Unknown)
Purwandari, Dian Alfia (Unknown)
Yuliani, Shahibah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah adalah salah satu inisiatif penting untuk mengembangkan budaya membaca dalam dunia pendidikan. Program ini berfokus pada meningkatkan budaya literasi di dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan, pengelolaan dan dampak dari strategi Gerakan literasi sekolah tipe tutor sebaya dalam meningkatkan minat baca di SMP Negeri 34 Jakarta. Menggunakan pendekatan kualitatif, hasil penelitian ini di antaranya: (1) latar belakang penggunaan strategi sosial dan kooperatif di tutor sebaya dikarenakan melihat dari kondisi peserta didik yang merasa lebih nyaman diajari oleh teman sebaya, dengan tujuan meningkatkan minat baca serta harapan supaya peserta didik dapat mengamalkan seluruh materi dengan baik dan memudahkan proses diskusi, sekolah dapat menemukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik butuhkan yaitu tipe tutor sebaya. (2) Pengelolaan Gerakan literasi sekolah tipe tutor sebaya ini juga meliputi Planning dengan merancang program dan membentuk tim literasi, Organizing dengan membagi tugas pemantauan dan pembekalan kepada peserta didik, Actuating pengunaan metode untuk tutor sebaya, Controlling dengan melakukan evaluasi terhadap program tutor sebaya. (3) Dampak dari program tutor sebaya ini meliputi Indikator yang meningkatkan minat baca adalah kesenangan peserta didik dalam membaca, kesadaran akan manfaat membaca, frekuensi membaca yang meningkat serta kuantitas sumber bacaan peserta didik yang menjadi lebih beragam. Program ini disarankan untuk dipertahankan dan juga dikembangkan agar Gerakan literasi sekolah tipe tutor sebaya dapat terus meningkatkan minat baca peserta didik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...