Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Vol 3, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuitri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Pulau Morotai Pada Materi Minyak Bumi Dan Gas Alam

Beu Beu, Ramisa (Unknown)
Sugrah, Nurfatimah (Unknown)
Muin, Fadlan (Unknown)
Umar, Sudir (Unknown)
Annisa, Dira Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Abstrak Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan mengunakan design penelitian One Group Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 5 Pulau Morotai pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 45 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel 22 orang. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item yang digunakn untuk menggukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS for windows versi 21.0. hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh thitung ttabel atau 8,970 1,717  maka Ha diterima dan H0 ditolak. Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai gain 0,31 (kategori sedang). Kata kunci: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Minyak Bumi Dan Gas alam,Abstract This type of research is pre-experimental research using the One Group Pretest-Posttest Control Design research design. The population in this study were all of the tenth grade students of SMA Negeri 5 Morotai Island in the 2022/2023 academic year, totaling 45 students divided into two classes. The sampling technique used was purposive sampling, with a total sample of 22 people. The test instrument used in this study was in the form of essay questions of 10 items which were used to measure students' cognitive learning outcomes. Data analysis technique is a data analysis technique is a descriptive statistical analysis technique and inferential statistical analysis using SPSS for windows version 21.0. the results of hypothesis testing in this study obtained tcount ttable or 8,970 1.717 then Ha was accepted and H0 was rejected. The influence of the guided inquiry learning model on student learning outcomes obtained a gain value of 0.31 (moderate category).keywords: Learning Outcomes, Guided Inquiry, Petroleum and Natural Gas

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpku

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) merupakan jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Khairun. JPKU terbit 2 kali dalam setahun, yakni Edisi Juni dan Desember. Jurnal ini berisi artikel-artikel ilmiah ...