Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 2 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: April

Media Smart Board Game  dalam Pembelajaran IPS (Studi Kasus Kelas 5 SDN Sungai Miai 5)

Rafi'i, Akhmad (Unknown)
Shalihah, Ghina (Unknown)
Frediansyah, Aldy (Unknown)
Asniwati (Unknown)
Azizah, Naila (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Pembelajaran IPS di SDN Sungai Miai 5 masih didominasi oleh metode ceramah dan penugasan tertulis tanpa dukungan media pembelajaran yang inovatif, akibat keterbatasan waktu guru, beban administrasi, serta minimnya infrastruktur pendukung. Kondisi ini berdampak pada rendahnya keterlibatan siswa dan menurunnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi media Smart Board Game sebagai solusi alternatif yang kontekstual, menyenangkan, dan efisien dalam pembelajaran IPS. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru kelas 5, kepala sekolah, serta tiga siswa kelas 5B di SDN Sungai Miai 5, Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan partisipasi aktif, motivasi, serta pemahaman siswa terhadap materi IPS. Guru merasakan kemudahan dalam persiapan pembelajaran karena media bersifat reusable dan fleksibel. Kendala yang ditemukan berkaitan dengan redaksi instruksi yang perlu disesuaikan dengan kemampuan siswa serta potensi kejenuhan jika digunakan secara berulang tanpa variasi. Secara keseluruhan, Smart Board Game terbukti sebagai media kontekstual yang efektif mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...