Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 3 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: Juli

Identifikasi Keaktifan Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (Studi Kasus Pembelajaran IPS Kelas 4 SDN Telaga Biru 7)

Shopia, Zahra (Unknown)
Noorkhalisah, Noorkhalisah (Unknown)
Asniwati, Asniwati (Unknown)
Ferdiyansyah, Aldy (Unknown)
Amalia, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang sebagian besar disebabkan oleh dominasi metode ceramah konvensional, menjadi perhatian penting di kelas sekolah dasar. Kondisi ini menunjukkan urgensi pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Telaga Biru 7. Model TGT dimodifikasi dalam bentuk estafet pertanyaan untuk menciptakan suasana belajar yang kolaboratif, kompetitif, dan menyenangkan. Metode deskriptif kualitatif digunakan dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT secara signifikan meningkatkan keaktifan belajar siswa secara fisik, emosional, dan kognitif. Siswa tampak lebih antusias, aktif berdiskusi, dan menunjukkan kerja sama tim yang kuat. Model TGT dalam bentuk estafet pertanyaan terbukti menjadi strategi pembelajaran yang efektif, inovatif, dan adaptif untuk meningkatkan keterlibatan siswa serta memperkuat pemahaman konsep dalam pembelajaran IPS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...