Sektor perbankan di Kalimantan Barat sedang mengalami pertumbuhan, dengan sebagian besar tenaga kerja berasal dari kalangan berbagai generasi. Meski demikian, tuntutan perusahaan untuk mencapai kinerja yang lebih optimal dan stabil menjadi tantangan tersendiri bagi para karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi kinerja karyawan, seperti komitmen terhadap organisasi, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, dukungan dari organisasi, serta kecerdasan emosional. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada karyawan perbankan, sebanyak 220 responden dilibatkan dalam penelitian ini, yang dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga faktor utama work-life balance, dukungan organisasi dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan segnifikan terhadap komitmen organisasi. Selain itu, komitmen organisasi terbukti mrmiliki peran mediasi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Hasil ini menekankan pentingnya peran manajemen dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan memperhatikan aspek emosional serta keseimbangan hidup karyawan untuk meningkatkan loyalitas dan kinerja mereka.
Copyrights © 2025